Transportasi Sungai |
www.bahan2tekniksipil.blogspot.com//:- Industri penyeberangan di Indonesia berkembang dengan pesat sejak
pertengahan tahun 1970an. Perkembangan pesat ini didorong prosedur
pengelolaan angkutan yang sederhana, sangat berbeda dengan prosedur
pelayaran melalui pelabuhan laut konvensional yang berbelit-belit. Pada
pelayaran penyeberangan kendaraan datang ke pelabuhan membayar biaya
penyeberangan di pintu masuk/gate, dan langsung naik kekapal bila ada
kapal yang tersedia. Kapal berlayar dan selanjutnya bila sampai
ditujuan, kendaraan bisa langsung keluar kapal dan melanjutkan
perjalanan. Hal ini pulalah yang mengakibatkan tingginya penggunaan
angkutan jalan untuk barang jarak jauh padahal Indonesia sebagai negara
kepulauan seyogyanya angkutan laut yang harus mendominasi angkutan
barang jarak jauh.
Pada box ditunjukkan bagaimana rumitnya prosedur pelayanan kapal
konvensional masuk pelabuhan yang dilakukan yang sangat berbeda dengan
pelayanan kapal penyeberangan yang masuk ataupun keluar pelabuhan yang
jauh lebih sederhana. Dari prosedur yang ditunjukkan dalam box diatas
dapat dilihat betapa rumitnya proses angkutan melalui pelabuhan yang
berakibat pada lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pelayanan
angkutan dari sisi pelabuhan.
Kalau melihat perbandingan pergerakan barang mulai dari awal
pergerakan barang sampai dengan tujuan perjalanan antara kapal
konvensional, peti kemas dan roro dapat dilihat dalam gambar berikut:
Dari sisi angkutan barangnya sendiri dapat dilihat dalam bagan
berikut yang membandingkan angkutan antara kapal konvensional, kapal
peti kemas dan kapal Ro-ro, pada gambar tersebut ditunjukkan bahwa untuk
jarak dekat akan lebih menguntungkan untuk menggunakan kapal
konvensional kecuali tidak ada pilihan untuk itu, tetapi untuk jarak
menengah akan lebih menguntungkan untuk menggunakan kapal penyeberangan
sedang untuk jarak jauh akan lebih menguntungkan untuk menggunakan kapal
peti kemas.
Dampak terhadap pergerakan penumpang
Dengan adanya pelayanan angkutan penyeberangan dengan frekuensi yang
kerap akan mempermudah penumpang untuk melakukan perjalanan dan pada
gilirannya akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan
perjalanan ulang alik/komuter seperti di Ujung – Kamal, Poka –Galala,
perjalanan bisnis, perjalanan sosial, perjalanan wisata ataupun
perjalanan lainnya.
Pergerakan angkutan penumpang semakin tinggi pada saat liburan anak
sekolah dan pada waktu mudik lebaran ataupun pada akhir minggu panjang.
Untuk mengatasi peningkatan pergerakan tersebut harus dilakukan
maksimalisasi kapasitas penyeberangan melalui peningkatan frekuensi
pelayanan. Lintasan yang pernah merupakan lintasan penumpang terpadat
adalah lintasan Ujung – Kamal di Surabaya menuju Madura, tetapi setelah
dibuka jembatan Suramadfu pada tahun 2009 yang lalu terjadi penurunan
jumlah penumpang yang drastis.
Dampak terhadap pergerakan barang
Dengan pelayanan angkutan penyeberangan yang dilaksanakan secara
reguler akan mengakibatkan biaya transportasi barang dan penumpang turun
secara drastis, terutama dikawasan yang baru dibuka dengan pelayanan
penyeberangan, dengan demikian harga bahan kebutuhan masyarakat menjadi
lebih murah demikian pula hasil pertanian, barang dagang lainnya akan
meningkat, karena bisa diekspor ke daerah lain.
Sebagaimana ditunjukkan dalam gambar hubungan antara biaya dengan
jarak untuk moda kapal konvensional, kapal ro-ro dan kapal petikemas,
dimana kapal ro-ro akan efisien untuk jarak pendek menengah, kapal
konvensional untuk menengah dan dan kapal petikemas untuk jarak jauh.
Kapal petikemas menguntungkan untuk jarak jauh karena pemanfaatan ruang
kapalnya lebih efisien dari kapal Ro-ro, tetapi sebaliknya kapal Ro-ro
mempunyai keunggulan waktu bongkar muat dipelabuhannya sangat singkat,
karena kendaraan masuk dan keluar kapal dengan menggunakan tenaga
penggerak mobil itu sendiri.
Tarif angkutan barang sangat mempengaruhi jumlah pergerakan angkutan
barang, dengan meningkatnya harga minyak dunia pada tahun 2010an terjadi
peralihan angkutan laut ke angkutan darat tujuan jarak jauh dari pulau
Jawa ke Sumatera ataupun jarak jauh didalam kedua pulau tersebut karena
angkutan laut tidak disubsidi bahan bakarnya sedang di angkutan darat
mendapatkan subsidi bahan bakar yang merubah keekonomian angkutannya,
yang pada gilirannya terjadi lonjakan angkutan yang luar biasa pada
Penyeberangan Merak - Bakauheni.
Dampak terhadap biaya transportasi
Dengan keberadaan kapal Ro-ro memberikan dampak langsung terhadap
penurunan biaya logistik. Hal ini terutama terasa pada kawasan yang
terisolasi yang baru dibuka dengan pelayanan kapal Ro-ro, harga
bahan-bahan terutama bahan bangunan, sembako akan menurun dengan drastis
yang pada gilirannya akan menurunkan harga barang-barang kebutuhan
masyarakat, namun dipihak lain akan meningkatkan nilai jual dari
barang-barang yang diproduksi dikawasan tersebut karena adanya pasar
yang lebih luas sehingga dengan adanya pelayanan kapal Ro-ro secara
reguler akan meningkatkan perekonomian masyarakat daerah terhubungkan
tersebut.
Dampak terhadap strategi dan operasi logistik
Prinsip logistik merupakan penyerahan tepat waktu dan aman dari barang dan orang sangat
penting bagi perekonomian dan tekanan untuk memberikan lebih cepat,
lebih jauh dan selalu ada ketika dibutuhkan, disini prinsip just in time
merupakan kunci keberhasilan sistem Logistik.
Menurut Ahmad Munawar
pergerakan ekonomi, jaringan distribusi dan sistem logistik barang dan
jasa di Indonesia masih sangat tergantung pada sistem jalan raya.
Demikian juga pergerakan penumpang intra dan antar wilayah. Awal tahun
1999, mobilitas ekonomi di seluruh Indonesia tergambar dalam tingkat
utilisasi jalan nasional dan jalan provinsi sebesar 664,6 juta
penumpang-km dan 144 juta ton-km per-hari, suatu peningkatan
masing-masing 21 % dan 6,7 % dibanding tahun sebelumnya. Oleh karena itu
sistem jaringan transportasi yang stabil dan handal sangat menentukan
efisiensi perekonomian.
Dengan semakin luasnya jaringan pelayanan kapal Ro-ro akan merubah
cara melakukan ekspedisi/logistik angkutan barang akan semakin baik dan
mudah serta lebih murah. Salah satu contoh yang dapat dilihat dalam
pengangkutan sepeda motor baru dari pabrik ke dealer-dealernya dengan
menggunakan mobil barang khusus pengangkut sepeda motor, angkutan semen
baik yang dalam karung/zak maupun dengan menggunakan mobil barang khusus
semen curah, angkutan sembako dan berbagai barang lainnya.
Dampak terhadap perkembangan daerah
Dalam era Otonomi daerah saat ini, transportasi memegang peranan penting bagi kelancaran pertumbuhan
ekonomi daerah tersebut. Perubahan sistem dari sentralisasi menjadi
desentralisasi membawa angin segar bagi daerah agar sebisa mungkin dapat
mendayagunakan kemampuan dan potensi daerahnya untuk kelangsungan
pembangunan. Distribusi barang dan jasa yang baik dan lancar menuntut
keberadaan sarana dan prasarana transportasi yang memadai agar
distribusi mampu mengcover seluruh lingkup daerah tersebut.
Pembukaan daerah yang terisolasi dengan pelayanan kapal Ro-ro akan
menjadi katalis pertumbuhan kawasan tersebut karena dengan menurunnya
biaya transportasi akan meningkatkan daya saing daerah tersebut sehingga
ekspor maupun impor dari daerah tersebut akan meningkat dengan drastis
karena harga barang impor akan menurun dan harga barang ekspor dari
daerah tersebut akan meningkat. Memang pada awalnya permintaan pelayanan
penyeberangan masih rendah tetapi berdasarkan pengalaman akan terjadi
pertumbuhan permintaaan yang nyata, yang didalam ekonomi pembangunan
dianggap berada pada kurva pembelajaran (learning curve) dimana angkutan
masih perlu disubsidi. Keadaan ini berubahan dengan pertumbuhan ekonomi
yang tumbuh lebih cepat dengan berubahnya waktu.
Dampak terhadap peluang bisnis baru
Menurut Armin Atmajaya Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang
keberhasilan pembangunan terutama dalam mendukung kegiatan perekonomian
masyarakat dan perkembangan wilayah baik itu daerah perdesaan maupun
daerah yang lainnya. Sistem transportasi yang ada dimaksudkan untuk
meningkatkan pelayanan mobilitas penduduk dan sumberdaya lainnya yang
dapat mendukung terjadinya pertumbuhan ekonomi didaerah ini menyebabkan
pengurangan konsentrasi tenaga kerja yang mempunyai keahlian dan
ketrampilan pada wilayah tertentu, selain itu transportasi juga untuk
membuka peluang kegiatan perdagangan antar wilayah dan mengurangi
perbedaaan antar wilayah sehingga mendorong terjadinya pembangunan antar
wilayah.
Dengan adanya pelayanan penyeberangan yang baru akan membuka peluang
bisnis yang baru di sekitar pelabuhan penyeberangan maupun pada
sepanjang jalan dari dan ke pelabuhan seperti restoran, warung,
pertokoan, hotel, usaha/kegiatan lainnya. Usaha agro binis juga akan
berkembang sebagai akibat menurunnya biaya angkutan sehingga barang yang
sebelumnya tidak dapat dipasarkan karena biaya tranport yang tinggi
sekarang menjadi layak untuk diusahakan dan diperdagangkan, demikian
juga halnya dengan kegiatan perindustrian maupun pariwisata akan
berkembang dengan adanya kemudahan akses.
Dampak terhadap Pariwisata
Pariwisata merupakan industri gaya baru yang mampu memacu pertumbuhan
ekonomi yang cepat dalam hal kesempatan kerja, pendapatan, taraf hidup,
dan dalam mengaktifkan sektor lain di dalam negara penerima wisatawan.
Di samping itu pariwisata sebagai suatu sektor yang kompleks, mampu
menghidupkan sektor-sektor lain meliputi industri-industri seperti
industri kerajinan tangan, industri cinderamata, penginapan, restoran,
dan transportasi.
Dengan terbukanya pelayanan penyeberangan industri pariwisata yang
sebelumnya tidak menarik untuk dikunjungi karena ketiadaan akses menjadi
gampang dicapai. Lintas Padang Bai – Lembar, lintas Ketapang-Gilimanuk
merupakan lintas yang padat diisi dengan turis mancanegara termasuk
lintasan menuju pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur antara Labuan
Bajo-Pulau Komodo menjadi lebih menarik untuk dikunjungi karena adanya
transportasi penyeberangan yang memberikan pelayanan angkutan reguler
yang teratur. Lintasan penyeberangan tidak hanya untuk menyediakan
angkutan murah namun juga pemandangan yang indah dan menarik selama
perjalanan, dapat melihat ikan paus yang melintas di perairan Nusa Tenggara Timur
Facebook Blogger Plugin by deercali.blogspot.com | Get Widget
Posted by 11:37 AM and have
0
comments
, Published at
No comments:
Post a Comment