Transportasi darat |
www.bahan2tekniksipil.blogspot.com//:-
1. TRANSPORTASI DARATI.1.
Pengertian Transportasi Darat dan bersifat alamiah saja,
meliankan diperlukanFungsinya
adanya suatu sistem yang baik supaya tujuan
pergerakan di atas dapat dicapai. Sistem
Transportasi darat adalah segala macam transportasi yang berkembang
saat ini telahbentuk pemindahan barang atau manusia dari
mewujudkan suatu bentuk pelayanan melaluisuatu tempat ke tempat yang
lainnya dengan berbagai sarana pergerakan mekanistik
yangmengguanakan sebuah moda transportasi hampir menjangkau
ke semua jaringan wilayah(kendaraan bermotor) yang digerakkan oleh
di muka bumi ini.
Dengan demikian, saat ini,manusia dengan di dukung suatu infrastruktur melalui sistem transportasi moderen bukan haljalan (jalan raya ataupun rel).
Dengan demikian, saat ini,manusia dengan di dukung suatu infrastruktur melalui sistem transportasi moderen bukan haljalan (jalan raya ataupun rel).
Pergerakkan ini yang sukar
untuk menjangkau pusat aktivitasdi tujukan untuk mempermudah manusia
manusia dari berbagai sudut pergerakan.melakukan aktivitas
sehari – hari untuk Perkembangan teknologi pergerakan pun
telahmemperoleh biaya kehidupannya. mengalami
kemajuan yang sangat pesat dalamMenurut nasution (2004), terdapat 5
unsur kurun satu abad ini.
Berbagai jenis moda
telahtransportasi, yaitu : tersedia, dengan
berbagai keunggulan dana) Manusia, yang membutuhkan transportasi
kelengkapan sarana.b) Barang, yang diperlukan manusiac) Kendaraan,
sebagai sarana transportasi Dari hal tersebut di atas
terlihat bahwad) Jalan, sebagai prasarana transportasi
kualitas dan perkembangan teknologi saranae) Organisasi, sebagai
pengelola transportasi dan prasarana transportasi
sangat mempengaruhi
kelancaran kebutuhan Perpindahan itu sendiri
dilandasi akibat perpindahan.
Oleh karena itu, terdapat suatuproses
interaksi manusia karena adanya hukum hubungan yang sangat kuat
diantara aktivitasketerbatasan, yang mayoritas keterbatasan
manusia dan transportasi. Seiring dengan
perkembangan peradaban manusia, transportasitersebut
adalah keterbatasan produksi, ruang
dalam kehidupan masyarakat moderenpekerjaan
dan bahan baku yang tidak selalu merupakan satu kesatuan rantai
kehidupantersedia secara merata di muka bumi.
Selain yang
berpengaruh dalam pembangunan baikitu, faktor geografis bumi yang
membatasi segi ekonomi, sosial budaya maupun politik.potensi
dan sumber daya alam juga merupakan Gambar 1.1 memperlihatkan,
bagaimanasalah satu aspek pertimbangan dalam hukum hubungan
antara aktivitas manusia danketerbatasan.
Adanya alasan
hukum kebutuhan transportasi. Seterusnya, fungsi
sarana dan prasarana transportasi
dalamketerbatasan tersebut, komunitas struktur
menopang kebutuhan aktivitas manusia
secaramanusia telah terbagi dalam 2 kelompok fungsi lebih
terperinci dapat didefinisikan sebagai :kerja, yaitu kelompok produsen
dan kelompok 1.
Mempercepat suatu pergerakan angkutankonsumen.
Interaksi yang akhirnya terjadi barang/orang sebagai salah
satu tuntutandiantara kedua kelompok tersebut akan dari
semakin majunya aktivitas manusia.menimbulkan suatu
perpindahan atau 2. Mengurangi tahanan terhadap
gerakan.pergerakan.
Efek dari adanya kebutuhan 3. Mengurangi
kemungkinan kerusakan
barang/orang yang diangkut.perpindahan/pergerakan
orang dan barang,
Angkutan Angkutanakan menimbulkan suatu tuntutan
untuk Sumber
Daya Lokasi
pasarpenyediaan prasarana dan sarana pergerakan
Produksisupaya tercipta suatu pergerakan yangberlangsung dengan
kondisi aman, nyaman Manusia /
Konsumendan lancar, serta ekonomis dari segi waktudan biaya. Pada
akhirnya, kebutuhan akan Gambar.1.1 Hubungan antara
transportasi dantransportasi bukan hanya suatu kebutuhan yang
aktivitas manusia.
2. Dalam hal ini transportasi perlu
mengadakan Kerugian ekonomi per tahun pada tahun pemilihan
jenis prasarana yang mampu 2002 akibat
inefisensi sistemmelayani kegiatan manusia secara aman,
transportasi diperkirakan sebesar 5.5
trilyun, di mana 3 trilyun untuk biayanyaman
dan ekonomis.
operasi kendaraan, dan 2.5 trilyun untukI.2. Masalah – Masalah dalam
Transportasi biaya waktu perjalanan (SITRAMP,
2004).
Darat dan pengaruhnya
Pertambahan penduduk dan luas kota b. Sistem
transportasi belum menjaminmenyebabkan jumlah lalu lintas juga
pemerataan untuk seluruh anggotameningkat. Sedangkan
sistem lalu lintas masyarakatmendekati jenuh, sehingga
bertambahnya Lalu lintas di Jakarta didominasi
olehjumlah lalu lintas berpengaruh besar terhadap
kendaraan pribadi, jumlah angkutankemacetan lalu lintas, yang berarti
pula umum (bus) hanya 4%, sepeda motorbertambahnya
waktu dan biaya perjalanan di 67%, mobil pribadi 23%
(Polda Metrodalam sistem lalu lintas tersebut.
Jaya, 2006).
Pertumbuhan kendaraan Pemilihan sistem transportasi
yang dalam lima tahun terakhir mencapaisalah untuk
wilayah perkotaan dapat 9.5% per tahun (paparan
Dirjen Binamengakibatkan terjadinya kemacetan lalu
Marga ke KKPPI tanggal 18 Desemberlintas, yang berarti pemborosan besar
dari 2007).
penggunaan energi dan ruang, serta timbulnya Proporsi volume lalu lintas padamasalah pencemaran udara
akibat gas buang beberapa koridor utama adalah:
sepedakendaraan yang semakin besar jumlahnya. motor
60%,sedan 32%. Angkutan Dalam makalah ini memelihat studi
umum (mobil penumpang umum-kasus macet, sepertinya hampir
setiap hari MPU, bus sedang, dan bus besar) 5%Jakarta
dan sekitarnya mengalaminya. Tentu (Kedeputian V Menko
Perekonomian,saja kemacetan ini membawa dampak tidak
2007).langsung maupun langsung terhadap kehidupan
Fasilitas bagi pejalan kaki danmasyarakatnya, yaitu secara psikologi dan
pengguna kendaraan tidak bermotormateri yang sangat
besar. Secara psikologis sangat minimbanyak mencakup
banyak hal, tetapi yang c.
Besarnya kontribusi sistem
transportasi paling sering timbul adalah meningkatnya terhadap
dampak lingkungankesensitifan mental terutama mudahnya emosi
Particulate Matter 10 (PM10)marah akan muncul, hal ini
terjadi karena merupakan partikel debu yang banyak manusia
mengalami persaingan dengan banyak dihasilkan dari emisi
kendaraan bermotor danorang kearah tujuan tertentu secara tidak
debu yang berada di jalanan.
Particulat Matterdisengaja dan fokus
fikiran selalu bubar ketika 10 (PM10) bersifat sangat mudah terhirup
danmendadak tujuan kearah tertentu menjadi memiliki tingkat
kelolosan yang tinggiterhalang, tidak hanya oleh satu orang, tetapi
terhadap saringan pernafasan manusia sehinggabanyak orang.
dapat mengganggu sistem pernafasan.
Secara umum, permasalahan Berdasarkan Peraturan
Pemerintahtransportasi di Ibukota Indonesia (Kota Jakarta) Republik
Indonesia Nomor 41 Tahun 1999dapat dikelompokan dalam beberapa hal
Tangal 26 Mei 1999 Baku Mutu Udara Ambienberikut:
Nasional, menyatakan bahwa kadar debua.
Sistem transportasi belum efisien sehingga partikel 10 mikron di
udara yang memenuhimenghambat aktifitas ekonomi.
syarat adalah tidak melebihi dari 150 μg/m3 Dari total waktu
perjalanan pada 25 dari 33 stasiun pemantau
kualitas beberapa ruas jalan, 40% merupakan udara
menunjukkan kadar PM10 telah melebihi waktu bergerak dan 60%
merupakan ambang batas, bahkan terdapat sepuluh stasiun
waktu hambatan.
Kecepatan rata-rata yang menunjukkan kadar PM10
mencapai lebih lalu lintas adalah 20.21 km/jam dari 2
kali lipat dari ambang batas yang telah (Kedeputian V Menko
Perekonomian, ditetapkan. Kerugian ekonomi akibat kualitas
2007). udara yang rendah
diperkirakan mencapai 2.8
trilyun pada tahun 2002, apabila tidak segera
3. diperbaiki
kualitas dan kuantitas pada angkutanumum, diperkirakan akan terjadi
peningkatan greenhouse gases (seperti CO2) dari tahun2002 sampai dengan
2020 sebesar 2.35 kali(SITRAMP, 2004). Partikel debu dapat menggangu
kesehatanmanusia seperti timbulnya iritasi pada mata,alergi, gangguan
pernapasan dan kanker paru-
Sumber: http://kolomkita.detik.com/upload/photo/1jakarta8.jpgparu.
Gambar.2 Kondisi Kemcetan Kota
JakartaTabel.1 Dampak Kesehatan Akibat Polusi
Siang dan malam hari Udara
I.3 Alternatif/Solusi Mengatasi Pemasalahan
Transportasi
Dalam kurun waktu beberapa tahun
ini berbagai solusi
telah dilakukan Pemerintah
DKI untuk mengatasi permasalahan
transportasi di kota Jakarta. Akan
tetapi upaya- upaya
tersebut belum mampu untukd. Sistem transportasi belum memenuhi
memberikan hasil yang diharapkan.
Adapuntingkat keselamatan dan
keamanan alternatif – alternatif yang telah di
lakukan oleh Jumlah korban kecelakaan di jalan tol
pemerintah untuk mengatasi kemacetan dalam kota mangalami
penurunan dari tersebut adalah sebagai berikut : sekitar
380 pada tahun 1995 menjadi sekitar 200 pada tahun 2006. Akan
tetapi a. Area Traffic Control System (ATCS) proporsi
jumlah korban dengan luka Solusi ini belum memberikan
hasil yang berat dan meninggal dunia relatif stabil diharapkan
karena beban volume lalu lintas (CMNP, http://www.cmnp.co.id/).
yang tinggi, banyaknya hambatan samping Bahkan hasil
Study on Integrated pada ruas jalan dan persimpangan, dan
kondisiTransportation Master Plan (SITRAMP) oleh teknis
infrastruktur ATCS yang kurangJICA/Bappenas menunjukkan : Jika sampai
mamadai.tahun 2020 tidak ada perbaikan yang dilakukanpada
sistem transportasi Jabodetabek (Jakarta, b. Aturan 3 in
1Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi), maka Terdapat
beberapa kelemahan dariestimasi kerugian ekonomi yang terjadi sebesar
skema ini antara lain: (1) tidak adanyaRp. 28,1 Triliun dan kerugian
nilai waktu manajemen atau aturan yang melarangperjalanan yang
mencapai 36,9 Triliun. Melihat pengunaan jalan-jalan lokal,
sehinggakondisi kemacetan di Kota Jakarta yang pengguna
jalan akan mencari jalan-jalan lokal semakin hari semakin bertambah parah
dan (jalan tikus) yang ada untuk menghindarifaktor kerugian
yang tidak sedikit dari akibat daerah 3 in 1, ini memindahkan
kemacetan kekemacetan tersebut, tentunya kita tidak akan daerah
lain, (2) beroperasinya penyedia jasabisa tinggal diam.
ilegal yang berperan sebagai penumpang Kondisi
kemacetan yang terjadi dikota (jockey) dengan imbalan sejumlah
uang, untukJakarta adalah sebagai berikut:
melengkapi jumlah penumpang menjadi 3
c. Pengembangan Bus Rapid
Transit (BRT)
Solusi ini
juga belum memberikan hasil
yang optimal, Busway belum bisa berbuat
banyak untuk menarik minat pengguna
kendaraan pribadi. Hal ini
dimungkinkan terjadi
karena opportunity cost dan standard
kebutuhan kenyamanan pengguna kendaraan
pribadi relatif tinggi dimana hal ini
belum mampu dipenuhi
oleh Busway, serta daerah
- 4. pelayanan yang terbatas dan belum mengurangi penggunaan kendaraanmenjangkau daerah pinggiran Jakarta. pribadi, sebagai contoh penetapan hari bebas kendaraan, melarang kendaraan d. Pembangunan Ruas Jalan Toll pribadi untuk wilayah tertentu, batasan Dalam Kota jumlah penumpang lebih dari 3 Dalam beberapa tahun terakhir, telahdibangun beberapa ruas jalan toll di kota b. Cooperative instruments adalahJakarta sebagai upaya untuk menambah keterlibatan individu, perusahaankapasitas jaringan jalan di Jakarta. swasta atau institusi pemerintah dalamPembangunan ruas jalan toll di Jakarta belum mengurangi kemacetan lalu lintas,mampu mengatasi kemacetan di Jakarta. sebagai contoh carpooling.Terdapat kecenderungan, peningkatan kapasitasjalan justru menjadi salah satu variabel yang c. Economic instruments menggunakanmendorong penggunaan kendaraan pribadi. insentif dan/atau disinsentif untuk Berdasarkan data dari Dishub DKI mencapai tujuan transportasi yangJakarta tahun 2010, pertumbuhan kendaraan berkelanjutan (sustainable transport).mencapai 1.172 unit setiap hari. Sedangkan di Salah satu economic instrument yangtahun 2011, pertumbuhan naik sebesar 11,26 sering diaplikasikan adalah roadpersen. Ditlantas Polda Metro Jaya pricing.mengungkapkan, jumlah kendaraan yang lalulalang di jalanan ibukota tahun kemarinsebanyak 13.347.802 dan Republika baru baru Tabel.2 Pengelompokkan Road Pricingini memberitakan bahwa di tahun 2012 ini akan Berdasarkan Tujuannyaada 1,3 juta kendaraan baru di Jakarta, darihasil penelitian ini kita dapat bayangkanbagaimana keadaan kota Jakarta 3 tahunkedepan, maka saat ini pemerintah akanmenerapkan Electronic Road Pricing (ERP)dan Mass Rapid Transit (MRT) A. Electronic Road Pricing (ERP) merupakan kebijakan sistemtransportasi yang berkelanjutan (sustainabletransport system policy) adalah manajemenpermintaan perjalanan (travel demandmanagement). Secara umum, tujuan darikebijakan travel demand management adalahuntuk mendorong pengguna jalan untukmengurangi perjalanan yang relative tidakperlu (terutama pengguna kendaraan pribadi)dan mendorong penggunaan moda transportasiyang lebih efektif, lebih sehat, dan ramah Biaya yang dikenakan juga bertujuanlingkungan. untuk memberikan kesadaran kepada pengguna Kebijakan travel demand management kendaraan pribadi bahwa perjalanan merekadapat dikelompokan menjadi tiga grup yaitu: dengan kendaraan pribadi mempunyaiinstrumen-instrumen regulasi (regulatory kontribusi terhadap kerusakan lingkungan daninstruments), persetujuanpersetujuan kerjasama kerugian kepada masyarakat yang tidak(cooperative agreements), dan instrument- mengunakan kendaraan pribadi. Kondisi iniinstrument ekonomi (economic instruments). seringkali tidak dipikirkan oleh masyarakat dan pengambil kebijakan. Congestion pricing telah a. Regulatory instruments umumnya sukses diaplikasikan di beberapa kota seperti ditetapkan oleh pemerintah dan berisi Singapore, Oslo, Stockholm, dan London. standar-standar, larangan-larangan dan Dana yang terkumpul, bisa juga dijadikan prosedur administrasi untuk sebagai salah satu sumber pembiayaan untuk
5. mendukung beroperasinya moda transportasi Km)
yang akan mulai dibangun sebelum tahapyang lebih efektif, sehat, dan
ramah lingkungan I beroperasi dan ditargetkan beroperasi palingsepert
Bus Rapid Transit, Mass Rapid Transit. lambat 2018 (dipercepat dari
target awal 2020).
Studi kelayakan untuk fase ini sudah selesai B. Mass Rapid Transit
(MRT) dilaksanakan.
Pendanaan proyek sebesar kurang
MRT (mass rapid transit) secara lebih 83% berasal dari
pinjaman JICA (JBIC)harfiah dapat diartikan sebagai moda angkutan
Jalur Lebakbulus-Bundaran HI ini terdiriyang mampu mengangkut
penumpang dalam dari jalan layang dan terowongan bawah
tanahjumlah yang banyak (massal) dengan frekuensi dengan 13
stasiun.
Tujuh di antaranyadan kecepatan yang sangat tinggi (rapid).
merupakan stasiun layang dan 6 stasiun bawahMenurut modanya, MRT
dapat dikelompokkan tanah yang terintegrasi dengan modamenjadi
beberapa jenis, antara lain: subway, transportasi lainnya seperti
bus kota, busway,tram, dan monorail. MRT bagian dari solusi dan
kereta api.transportasi. MRT mampu mengangkut
Untuk jarak tempuh Stasiun Lebakbulus-penumpang dari satu titik asal ke
titik tujuan Bundaran HI diperkirakan hanya memakansecara cepat, dan
dalam jumlah yang besar. waktu 30 menit, jauh lebih cepat
denganNamun, selain MRT kondisi saat ini
sekitar 1 sampai 2 jam pada untuk mengatasi kemacetan diperlukan
saat-saat jam sibuk. Pada tahun pertama operasilangkah-langkah
lain seperti, peningkatan nanti, tiap rangkaian MRT terdiri dari
6disiplin lalu lintas, pembatasan volume lalu gerbong.
Masing-masing gerbong mampulintas, mendorong pengguna kendaraan pribadi.
memuat sekitar 250 penumpang. Sekali jalan,
MRT mampu mengangkut sekitar 1.500
Pemerintah Indonesia akan menerapkan penumpang. sistem MRT untuk
mengatasi kemacetan diJakarta dan sekitarnya, Mass Rapid TransitJakarta
(MRT Jakarta) yang berbasis relrencananya akan membentang kurang
lebih±110.8 km , yang terdiri dari Koridor Selatan –Utara (Koridor Lebak
Bulus - KampungBandan) sepanjang kurang lebih ±23.8 km danKoridor Timur
– Barat sepanjang kurang lebih±87 km. Penetapan jalur ini sebagai
prioritasdidasarkan pada pertimbangan, jalur Selatan- Gambar.
3 Skema Station MRT Phase IUtara Jakarta bersama dengan jalur
Timur-Barat adalah jalur perekonomian yang cukup Kesimpulan:pesat
untuk masa kini dan masa depan. 1. Transportasi sangat
berguna untuk
meningkatkan interaksi antara manusiaPembangunan Koridor Selatan-Utara
dari dan pertumbuhan ekonomi suatuLebak Bulus – Kampung
Bandan dilakukandalam 2 tahap:
Negara atau Daerah
2. Kondisi kota Jakarta emakinTahap I yang akan dibangun
terlebih dahulu menghubungkan Lebak Bulus sampai dengan
mengkhawatirkan sehingga pemerintah Bundaran HI sepanjang 15.7 km dengan
13 Indonesia harus dengan cepatstasiun (7
stasiun layang dan 6 stasiun bawah mengelolala Permintaan
Transportasitanah) ditargetkan mulai beroperasi pada akhir
(Transport Demand Management)2016. Saat ini sedang dalam pembuatan
basicdesign (sejak November 2009) dan ditargetkan 3. Sebelum
Mengoperasikan MRT diselesai akhir tahun ini dan pembangunan fisik
Jakarta di terapkan, Pemerintah harusdimulai 2012
mampu mengurangi keinginanTahap
II akan melanjutkan jalur Selatan-Utara masyarakat untuk
pemakaian kendaraandari Bundaran HI ke Kampung Bandan (8.1
- 6. pribadi dan berpindah ke tranportasiyang ramah lingkungan.
Facebook Blogger Plugin by deercali.blogspot.com | Get Widget
Posted by 2:01 AM and have
0
comments
, Published at
No comments:
Post a Comment