tugas tersruktur analisis dampak lalulintas

tugas tersruktur analisis dampak lalulintas

Lawadaag Saaxiibadaa :
analisis dampak lalulintas
www.ilmigadhismaha.blogspot.com/:- PENDAHULUAN

    a. Umum

Rumah sakit adalah salah satu sarana sosial yang sangat dibutuhkan  oleh mayarakat saat ini, dimana di zaman sekarang ini masyarakat sudah menyadari betapa penting dan berharganya kesehatan. Dan seiring bertambahnya permintaan masyarakat akan jasa dan fasilitas kesehatan, menuntut peranan pemerintah pusat  ataupun pemerintah setempat untuk menyediakan fasilitas kesehatan yang dekat dan sangat mudah dijangkau oleh masyarakat.

Dalam hal ini lokasi rumah sakit yang strategis dan dekat dekat jangkauan masyarakat akan menentukan ramai tidaknya sebuah rumah sakit. Seperti halnya daerah lain di Indonesia, Pontianak juga memiliki rumah sakit yang sangat dibutuhkan masyarakat, salah satunya adalah Rumah Sakit Anugerah Bunda Khatulistiwa.  Rumah sakit ini menjadi salah satu rumah sakit yang cukup banyak diminati oleh masyarakat setempat, Khususnya pasien wanita dan anak-anak, dimana memang rumah sakit ini memang sengaja diperuntukkan ibu dan anak-anak. Hal lain  yang mungkin juga membuat rumah sakit ini sangat sering dikunjungi masyarakat adalah karena letaknya yang cukup strategis, yaitu berada di tepi jalan terbesar di Pontianak JL. Ahmad Yani.  Dan karena posisinya yang berada di tepi jalan besar , menjadi suatu alasan untuk meneliti dan melakukan survey terhadap bangkitan lalulintas yang diakibatkan adanya bangunan rumah sakit tersebut.  

Dimana seperti kita ketahui, Jl.Ahmad Yani adalah jalan provinsi yang juga sebagai  jalan vital untuk akses di Pontianak.  Jadi perkembangan jalan ini sangat penting untuk ditinjau secara berkala,agar tidak terjadi kendala yang berarti yang berujung kepada ke-nonproduktifnya jalan ini, atau bahkan cenderung mengganggu lalulintas dan kenyamanan pemakai jalan,seperti kemacetan dan kecelakaan lalulintas. Itulah alsan yang tepat mengapa bangkitan lalulintas di area rumah sakit ini perlu dihitung.
Pengertian Bangkitan Lalulintas menurut Warpani (1990) adalah banyaknya lalulintas yang dtimbulkan oleh zone atau daerah per satuan waktu.  Jumlah lalulintas bergantung pada kegiatan kota, karena penyebab lalulintas ialah adanya kebutuhan manusai untuk melakukan kegiatan berhubunagan dan mengangkut barang kebutuhannya.

Penelitian bangkitan lalulintas adalah bagian yang  amat penting dalam proses perancanaan perangkuatan.  Dengan mengetahui bangkitan lalulintas, maka jumlah perjalanan tiap zone atau daerah pada masa yang akan dating dapat diperkirakan.

Menurut Tamin (1997), besarnya jumlah kendaraan yang masuk atau keluar dari suatu luas tanah tertentu dalam satu hari (atau satu jam) tergantung pada dua aspek tata guna lahan, yaitu :
  • Jenis tat guna lahan: dan
  •  Jumlah aktivitas (dan intensitas ) pada tata guna lahan tersebut.
Jenis tata guna lahan yang berbeda (pemukiman, pendidikan dan komersil) mempunyai ciri bangkitan lalulintas yang berbeda pula seperti:
  • Jumlah arus lalulintas
  • Jenis lalulintas (pejalan kaki, truk , mobil, sepeda motor , dan lain-lain)
  • Lalulintas pada waktu tertentu (jam sibuk).

      b.  Maksud Survei

  •   Untuk mengetahui besarnya bangkitan lalulintas yang terjadi di daerah lokasi survey.
  • Untuk dapat membandingkan hasil survey lalulintas di lokasi survey terhadap hasil survey oleh Institute of Transportation Engineering.

    a.   Tujuan
  •  Melatih mahasiswa untuk melakukan survey.
  • Untuk menambah nilai mata kuliah.


Facebook Blogger Plugin by deercali.blogspot.com | Get Widget





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bulsha Arrimaha Bulshada, Published at 3:38 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Subscription

Flag Counter